Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengurangi Kebisingan Knalpot: Tips Bermanfaat untuk Pemula

Di kalangan pengendara, banyak yang lebih memilih menggunakan sistem pembuangan aliran langsung pada mobil. Sistem ini memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki satu kelemahan karakteristik berupa suara knalpot yang keras. Banyak yang menganggapnya tenang, tetapi ada juga yang berusaha dengan segala cara untuk mengurangi suara knalpot. Mengemudi mobil seperti itu jauh lebih nyaman, karena dengungan serius yang keluar dari knalpot tidak mengganggu sama sekali selama perjalanan. Masalah kebisingan knalpot yang berlebihan untuk mobil produksi dalam negeri sangat mendesak. Dan ada banyak dari mereka di Rusia. Untuk membantu Anda memecahkan masalah seperti itu sendiri, materi yang berguna ini akan memberi tahu Anda secara rinci tentang metode mengurangi kebisingan knalpot dan bagaimana Anda dapat menerapkannya.

kenalpot mobil


Bagaimana Anda bisa meredam suara knalpot?

Sebelum memulai aktivitas apa pun dengan sistem pembuangan, penting untuk memahami dengan tepat: mengapa ada kebisingan seperti itu? Faktanya adalah bahwa pengoperasian motor itu sendiri disertai dengan kebisingan yang serius, tetapi knalpot di dalam mobil dirancang khusus untuk meredam suara-suara ini. Kebisingan yang sama di mesin terjadi karena ledakan campuran bahan bakar di ruang bakar. Jelas bahwa proses seperti itu disertai dengan pelepasan gas yang sesuai, yang kemudian masuk ke pipa knalpot. Karena ledakan mendorong piston jarak tertentu, katup intake terbuka. Melalui itu, gas dihabiskan di ruang bakar dan masuk lebih jauh ke dalam pipa knalpot. Untuk penyerapan suara yang efektif, bagian logam tebal harus digunakan.

Bagaimana cara membuat knalpot yang tenang?

Ketika pertanyaan tentang kebisingan menjadi terlalu mengganggu, ada alasan untuk berpikir untuk menghilangkannya. Setelah memutuskan untuk membuat sendiri knalpot yang tenang, pertama-tama, Anda perlu menyimpan alat. Untuk membuat knalpot yang tenang, Anda mungkin perlu:

  • Mesin las;
  • penggiling sudut;
  • Meja kerja dengan wakil.

Salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk menghilangkan kebisingan knalpot dapat dengan mengelas resonator tambahan ke dalam struktur. Lebih baik melakukan prosedur ini di garasi. Anda dapat menempatkan elemen tambahan antara knalpot dan resonator standar. Ada opsi lain: pasang resonator di tempat yang diinginkan di dalam pipa. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan bagian yang sudah jadi atau mencoba merakitnya sendiri. Sangat mudah untuk membuatnya jika Anda mengikuti rekomendasi ini:

  • Buat selubung luar dari pipa baja dengan dinding tipis;
  • Masukkan besi berlubang ke ujung pipa;
  • Isi resonator dengan waslap timah;
  • Regangkan badan resonator dari atas ke spons timah;
  • Paku keling struktur dengan paku keling.

dalam hal ini, pengelasan dapat ditiadakan. Namun, jika ada keterampilan tertentu dalam hal ini, maka bagian ujung perangkat dapat dilas ke bagian tengahnya. Pada akhirnya, semuanya perlu dirawat dengan cat tahan panas.

Muffler dan masalah pengurangan kebisingan di mobil modern

Knalpot adalah desain kendaraan standar yang dirancang untuk mengurangi kebisingan kendaraan. Tanpa muffler, keberadaan mobil dengan mesin diesel atau bensin tidak akan mungkin terjadi, sehingga muffler primitif muncul di mobil pertama. Ini ditunjukkan dengan angka sederhana. Jika kebisingan truk dengan knalpot pada jarak 7,5 m adalah ~ 80 dB (A), maka tanpa knalpot kebisingan ini dapat mencapai 100-110 dB (A). Mari kita bayangkan bahwa 110 dB (A) adalah kebisingan di tangki domestik kita. Bayangkan ratusan tank bergegas melintasi kota.

Namun, terlepas dari muffler, mobil adalah sumber utama polusi akustik lingkungan. Hingga 90% polusi di kota-kota berasal dari transportasi jalan raya. Kebisingan di jalan raya yang sibuk dapat mencapai 75-80 dB (A) (dengan norma kebisingan di gedung tempat tinggal pada siang hari 55 dB (A). Peningkatan kebisingan tidak hanya menyebabkan gangguan pendengaran, tetapi juga penyakit pada sistem saraf kardiovaskular .tekanan darah naik, kualitas pemrosesan informasi menurun, kesehatan umum memburuk, neurosis dan insomnia muncul. Kebisingan abad ke-20, seperti bencana di abad ke-20, dan tetap menjadi bencana di abad ke-21. Komisi UE, 20% penduduk Eropa yang makmur tinggal di " di zona hitam, ketika kebisingan secara signifikan melebihi standar yang diizinkan, 40% lainnya tinggal di zona abu-abu, ketika kebisingan mengganggu di alam. Sekitar 1/3 dari populasi kota-kota besar di Rusia menderita kebisingan. Sejumlah besar uang dihabiskan untuk memerangi kebisingan: UE hingga 38 miliar ECU (> 1% dari PDB -1995). Ini adalah biaya hanya untuk memerangi kebisingan di kota-kota, dan berapa banyak yang mereka keluarkan untuk perlindungan kebisingan pesawat (hingga 20% dari biayanya), mobil (hingga 10%), termasuk memasang knalpot. Semua negara memiliki “Hukum Kebisingan” yang menerapkan Prinsip Pencemar Membayar. Kebijakan yang tegas dan terarah untuk memperkenalkan dan secara teratur memperketat standar kebisingan, termasuk untuk kendaraan, sedang diterapkan. Jadi, standar kebisingan mobil selama tahun 3D terakhir telah diperketat sebesar 10-14 dB (A) (dan pesawat terbang sebesar 30 dB (A)). Sekarang standar kebisingan teknis (petunjuk UE 92 * 97): dan berapa banyak yang mereka keluarkan untuk perlindungan kebisingan pesawat (hingga 20% dari biayanya), mobil (hingga 10%), termasuk memasang muffler. Semua negara memiliki “Hukum Kebisingan” yang menerapkan Prinsip Pencemar Membayar. Kebijakan yang tegas dan terarah untuk memperkenalkan dan secara teratur memperketat standar kebisingan, termasuk untuk kendaraan, sedang diterapkan. Jadi, standar kebisingan mobil selama tahun 3D terakhir telah diperketat sebesar 10-14 dB (A) (dan pesawat terbang sebesar 30 dB (A)). Sekarang standar kebisingan teknis (petunjuk UE 92 * 97): dan berapa banyak yang mereka keluarkan untuk perlindungan kebisingan pesawat (hingga 20% dari biayanya), mobil (hingga 10%), termasuk memasang muffler. Semua negara memiliki “Hukum Kebisingan” yang menerapkan Prinsip Pencemar Membayar. Kebijakan yang tegas dan terarah untuk memperkenalkan dan secara teratur memperketat standar kebisingan, termasuk untuk kendaraan, sedang diterapkan. Jadi, standar kebisingan mobil selama tahun 3D terakhir telah diperketat sebesar 10-14 dB (A) (dan pesawat terbang sebesar 30 dB (A)). Sekarang standar kebisingan teknis (petunjuk UE 92 * 97): Jadi, standar kebisingan mobil selama tahun 3D terakhir telah diperketat sebesar 10-14 dB (A) (dan pesawat terbang sebesar 30 dB (A)). Sekarang standar kebisingan teknis (petunjuk UE 92 * 97): Jadi, standar kebisingan mobil selama tahun 3D terakhir telah diperketat sebesar 10-14 dB (A) (dan pesawat terbang sebesar 30 dB (A)). Sekarang standar kebisingan teknis (petunjuk UE 92 * 97):

  • Mobil penumpang - 74 dB (A),
  • kargo - 80 dB (A)

Dalam waktu dekat, standar tersebut akan diperketat sebesar 3 dB (A). Perhatikan bahwa ini sama sekali tidak akan memungkinkan pencapaian standar sanitasi dan higienis di bangunan tempat tinggal (55 dB (A)). Perbedaan antara standar teknis untuk mobil dan standar sanitasi dan higienis untuk kebisingan di bangunan tempat tinggal lebih dari 20 dB. (A). Perbedaan ini adalah kemampuan peradaban mesin modern untuk secara relatif murah (atau dapat diterima dengan murah) mengurangi kebisingan mobil.

Sumber utama kebisingan mobil, puluhan kali lebih tinggi dari sumber lain, adalah knalpot yang tidak teredam. Knalpot kebisingan knalpot aerodinamis adalah sarana utama perlindungan kebisingan mobil. Ketika produk pembakaran meninggalkan silinder, gas buang memiliki kecepatan 500-600 m / s. dan suhu lebih dari 1200 C, tekanan suara hingga 160 dB. di pintu masuk knalpot, nilai-nilai ini dikurangi menjadi 60-100 m / s, 600 C. 120 dB, masing-masing.

Knalpot adalah sistem yang mengubah aliran gas, mengurangi energi, suhu, kecepatan, dan kebisingannya. Ini adalah sistem yang melakukan fungsi mengurangi suara, bekerja sebagai "filter" akustik dan mengubah energi jet buang (mengurangi energinya, denyut). Pada saat yang sama, knalpot menciptakan tekanan balik di saluran gas buang, yang memengaruhi tenaga mesin. Tekanan balik sekitar 5000 Pa (kolom air 500 mm) mengurangi daya mesin pembakaran internal sebesar 1%

Elemen apa dan dengan cara apa mempengaruhi efisiensi.

Knalpot terdiri dari elemen ekspansi (bodi), terdiri dari 2 - 4 ruang, partisi berlubang dan tabung. Ekspansi-penyempitan aliran yang meluap, rotasi 90-360 °, refleksi dan penyerapan suara diatur dalam knalpot. Volume knalpot mempengaruhi efisiensi di ujung spektrum frekuensi rendah. Perforasi memberikan efisiensi pada rentang frekuensi yang lebar, sementara memutar aliran mempengaruhi efisiensi di tengah dan tinggi. Penggunaan penyerapan suara sangat efektif, yang meningkatkan efisiensi pada frekuensi tinggi. Penggunaan elemen resonansi dalam muffler sangat kontroversial: tidak ada kejelasan lengkap tentang efektivitasnya dalam pita frekuensi sempit (seperti yang dijelaskan dalam literatur).

Ketergantungan yang sangat kompleks dari tekanan balik pada jenis elemen knalpot yang digunakan. Hampir semua elemen - ruang ekspansi, tabung dan partisi berlubang, perangkat defleksi aliran meningkatkan tekanan balik (dengan pengecualian elemen penyerapan suara). Tingkat pengaruh ini berbeda. Dalam praktiknya, ada mitos bahwa entah bagaimana mungkin untuk mengatur pengaturan elemen, yang secara dramatis mengarah pada penurunan tekanan balik dan penghematan bensin (mereka bahkan menulis 10-15%). Verifikasi konstruksi ini belum mengkonfirmasi klaim tersebut, dan klaim iklan tersebut harus diperlakukan dengan hati-hati.

Definisi Peredam - Desain kokoh yang memberikan redaman yang diperlukan dengan nilai tekanan balik yang telah ditentukan sebelumnya.

Bagaimana cara menghilangkan kebisingan pipa knalpot

Cara menghilangkan kebisingan pipa knalpot - sebelum Anda mulai menghilangkan kebisingan tambahan yang dihasilkan knalpot mobil Anda, Anda harus memahami proses sistem pembuangan mesinnya seakurat mungkin. Faktanya adalah baik mesin itu sendiri maupun sistem pembuangan harus seimbang mungkin agar tidak mengganggu pekerjaan satu sama lain.   

Memang, justru karena pelanggaran keseimbangan inilah mesin dapat tidak berfungsi dan, karenanya, meningkatkan kebisingan dari pipa knalpot. Anda dapat mencoba mengatasinya sendiri.

Bagaimana cara menghilangkan kebisingan pipa knalpot

Berikut adalah tiga poin utama, ini adalah penyebab paling umum dari kebisingan pipa knalpot dan cara menghilangkannya.

1. Anda dapat menginstal apa yang disebut "jar". Nama ini diberikan oleh pengendara untuk knalpot final tambahan. Ini mungkin cara termudah dari semuanya.

"Kaleng" ini dibuat dalam bentuk tubuh yang diisi dengan pengisi berserat tahan panas dan diperbaiki dengan jaring halus. Sebuah pipa berlubang melewati badan ini.

Knalpot semacam itu dipasang di antara muffler standar dan katalis. Untuk melakukan ini, Anda perlu memotong bagian pipa, antara knalpot dan katalis, dengan panjang yang sesuai dengan "kaleng".

Sekarang kita lepaskan knalpot, pasang "kaleng" ke resonator menggunakan klem dan lembaran asbes untuk menutup sambungan. Kami memasang knalpot di tempatnya, merapat dengan "kaleng" dengan klem dan asbes.

Ingatlah bahwa ketika membuat instalasi "kaleng" seperti itu, sangat penting untuk menutup sambungan pipa dengan asbes tahan panas dengan hati-hati untuk mencegah kebocoran gas buang, yang menciptakan peningkatan efek kebisingan.

2. Selain itu, Anda dapat mengurangi kebisingan dengan mengganti resonator, yang awalnya dipasang di mobil, dengan "guci" tahan panas yang sama persis. Ini dilakukan dengan cara yang sama seperti pada versi pertama yang diusulkan.

3. Cara menghilangkan kebisingan pipa knalpot - dan sebagai opsi untuk menekan kebisingan pipa knalpot, ganti manifold buang dengan manifold yang dirancang khusus. Tetapi opsi ini hanya mungkin jika Anda bisa mendapatkannya untuk model Anda, yang tidak begitu mudah.

Jauh lebih mudah untuk menunjukkan mobil Anda kepada spesialis - ada begitu banyak berbagai layanan dan bengkel mobil di jalan - di sanalah Anda bisa mendapatkan saran yang kompeten, saran profesional.

Bagaimana cara menghilangkan dengung knalpot?

Dengung knalpot pada kecepatan tertentu, atau resonansi, atau "drone knalpot" dalam sumber berbahasa Inggris, adalah masalah paling umum saat menyelesaikan knalpot. Tidak ada yang ingin menyelidiki esensi masalah, dan terlebih lagi berurusan dengan rumus dan perhitungan. Oleh karena itu, berikut adalah instruksi sederhana dari MFSTORE tentang cara menghilangkan dengungan ini atau menguranginya sebanyak mungkin.

Siapa yang bersalah?

Hukum fisika yang harus disalahkan. Dan akan ada beberapa teori di sini. Jika Anda tidak tertarik sama sekali, gulir ke bawah ke item "apa yang harus dilakukan?"

Dalam sistem osilasi apa pun, ketika frekuensi gaya penggerak bertepatan dengan karakteristik frekuensi alami sistem ini, peningkatan tajam dalam frekuensi osilasi terjadi. Fenomena ini disebut resonansi dan menghantui kita di mana-mana. Dalam sistem pembuangan, mesin bertindak sebagai sumber osilasi, dan frekuensi osilasi ini sebanding dengan putaran dan jumlah silinder. Pada saat yang sama, untuk setiap knalpot, hanya ada karakteristik frekuensi alami tertentu, yang langsung tergantung pada semuanya - diameter pipa, konfigurasi, knalpot, panjang, berat, bahan, dll. Ini akan menjadi frekuensi resonansi! 

Saat mesin menambah kecepatan, frekuensi gelombang suara di dalam pipa meningkat, dan segera setelah mencapai frekuensi resonansi, amplitudo gelombang meningkat tajam, yang berarti peningkatan tajam dalam volume ke telinga kita. Suara ini "menekan telinga", menyebabkan ketidaknyamanan yang mengerikan, getaran elemen interior dan panel bodi. Di sisa rentang, Anda mungkin menyukai suara dan tidak menimbulkan masalah.

Masalahnya adalah Anda tidak akan pernah tahu frekuensi ini ketika Anda mencoba memodifikasi knalpot sendiri. Dan jika ada resonansi, maka memasang knalpot tambahan atau lainnya dalam sistem tidak menyelesaikan masalah - dengungan menjadi lebih tenang atau kecepatan berubah, tetapi tidak hilang, karena resonator tambahan tidak dapat secara radikal mengubah karakteristik frekuensi alami dari sistem tertentu. Kemungkinan "menebak" sangat rendah dan ini memerlukan pengerjaan ulang dan pemborosan yang konstan.

Mengapa tidak ada resonansi pada knalpot stok? Karena telah diuji berkali-kali dan dirancang dengan tujuan memberikan kenyamanan akustik tingkat tertinggi. Entah sistem dibangun sedemikian rupa sehingga frekuensi resonansi terletak di luar frekuensi yang dapat dibuat mesin di sistem pembuangan, atau ada elemen yang dihitung dengan jelas dalam sistem yang menekan gelombang suara dari frekuensi yang diinginkan.

Prinsip penekanan gelombang suara didasarkan pada kenyataan bahwa ketika dua gelombang ditambahkan dalam antifase, mereka saling menekan. Pada grafik di atas, gelombang x1 dan x2 bertepatan satu sama lain, sebagai akibatnya, amplitudo berlipat ganda. Pada grafik di bawah, gelombang berada dalam antifase dan saling membatalkan satu sama lain.

Apa yang harus dilakukan?

Kami membutuhkan perangkat yang akan menekan gelombang suara dengan frekuensi "masalah" yang sama. Fisikawan yang cerdas menemukan solusi pada abad ke-19, tanpa mengetahui apa pun tentang penyetelan. Dalam hal ini, maksud saya Helmholtz dan resonator yang ditemukan olehnya. Anda dapat membaca wiki, tetapi tidak ada tentang knalpot. Seperti yang diterapkan pada knalpot, resonator Helmholtz memiliki bentuk volume tertentu melalui tenggorokan (tabung) sempit yang terhubung ke sistem pembuangan. Frekuensi yang akan ditekan oleh resonator yang diberikan, tergantung pada volume, panjang dan diameter tenggorokan.

Ini adalah bagaimana biasanya terlihat dalam kinerja penyetelan dan kami sangat merekomendasikan resonator seperti itu kepada Anda, tetapi ia memiliki kelemahan yang signifikan - frekuensi penyetelannya ditentukan oleh tiga parameter (volume, panjang dan diameter tenggorokan). Dalam hal ini, bentuk kamera bisa apa saja. Anda perlu menemukan tempat untuk itu, membuatnya, menentukan volume secara akurat, menyesuaikannya dengan diameter standar pipa tenggorokan, menyesuaikan tenggorokan dengan panjang yang dibutuhkan, dll. Ada sejuta kombinasi ukuran. Probabilitas kesalahan cukup tinggi, pengerjaan ulang dan penyesuaian frekuensi bermasalah, terutama jika tidak bulat. Kami merekomendasikan membuat resonator Helmholtz bagi mereka yang berpengalaman dalam masalah ini atau ingin bereksperimen dan membuat kerajinan tangan.

Ini adalah resonator Helmholtz yang dapat dilihat di dalam knalpot standar banyak mobil. Ruang buntu dan tabung tidak lebih dari resonator Helmholtz. 

Jauh lebih mudah dalam perhitungan dan implementasi versi lain dari resonator - seperempat gelombang. Itu juga disetel untuk menekan gelombang frekuensi tertentu dan inti dari pekerjaannya adalah bahwa cabang buntu ditambahkan ke sistem, yang panjangnya sama dengan seperempat panjang gelombang pada frekuensi resonansi. Akibatnya, ketika gelombang bergerak di dalam pipa, beberapa di antaranya masuk ke cabang, dipantulkan dari ujung yang buntu dan kembali ke pipa, setelah membuat jalur yang sama dengan setengah panjang gelombang. Karena itu, gelombang di dalam tabung bertemu di antifase dan saling memadamkan satu sama lain, keajaiban terjadi dan menjadi sunyi di kabin. Resonator ini hanya memiliki satu parameter penting - panjangnya. Diameter, volume dan lokasi adalah kepentingan sekunder dan dapat diabaikan dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar. 

Mari kita turun untuk berlatih.

Jadi, resep sederhana dan mudah untuk menangani dengungan dari Daihatsu Pekalongan

Cara ini dijamin berhasil dan seringkali bisa menjadi satu-satunya solusi untuk suatu masalah. Termurah dan termudah untuk dilakukan. Kami melakukan segalanya untuk Anda.

Kami dengan jelas menentukan kecepatan di mana gemuruh di kabin membuat Anda khawatir. Tentunya Anda sudah bisa dengan akurat mengenai tempat ini dengan tachometer. 

Gunakan tabel di atas untuk menentukan frekuensi resonansi dan panjang resonator seperempat gelombang untuk motor Anda. Kami mencoba membuatnya selebar mungkin.

Cobalah dengan pita pengukur di bawah bagian bawah mobil di mana akan lebih mudah untuk menempatkan pipa dengan panjang yang dibutuhkan. Pipa bisa berbentuk apa saja. Diameter - sedikit lebih kecil dari diameter knalpot. 

Lokasi resonator diperbolehkan setelah katalis dan sampai ke nozel. Paling sering - di depan knalpot belakang (jika ada).

Untuk motor berbentuk V dengan knalpot pipa ganda, diperlukan dua resonator, sepanjang ada di tabel. 

Disarankan untuk membuat resonator disesuaikan, karena akurasi pengukuran panjang dan rpm Anda buruk. Ini memperumit desain, tetapi membuatnya lebih mudah untuk disesuaikan. Kamu putuskan. 

Outlet resonator dilas pada sudut 90 derajat ke pipa utama. 

Kami berangkat untuk tes dan menikmati keheningan, jika semuanya dilakukan dengan benar. Jika dengungan tetap ada, Anda perlu menyesuaikan panjang resonator. 

Bagaimana suara padam di knalpot mobil

Untuk memahami prinsip pengoperasian knalpot mobil dan untuk mencapai suara mesin yang "mulia", Anda perlu membiasakan diri dengan desain knalpot dan mencari tahu bagaimana suara yang dihasilkan oleh mesin teredam.

Jika ada muffler otomatis yang menciptakan hambatan untuk mengalir, maka muffler terbaik adalah tidak adanya sama sekali. Tetapi mengemudi dengan kebisingan yang meningkat dilarang di jalan umum. Tak hanya itu, motorsport juga memiliki batasan kebisingan mesin. Di sebagian besar kelas mobil sport, kebisingan knalpot dibatasi hingga 100 dB. Ini adalah kondisi yang cukup setia, tetapi tanpa muffler, tidak ada mobil yang memenuhi persyaratan dan tidak akan diizinkan untuk bersaing. Oleh karena itu, pilihan peredam adalah kompromi antara kemampuannya menyerap suara dan hambatan aliran rendah.

Bagaimana suara padam di muffler

Gelombang akustik (kebisingan) membawa energi yang membangkitkan pendengaran kita. Tugas knalpot adalah mengubah energi getaran menjadi energi panas. Peredam suara harus dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan cara kerjanya. Ini adalah pembatas, reflektor, resonator dan peredam.

PEMBATAS

Di badan knalpot ada penyempitan yang signifikan dari diameter pipa, resistensi akustik tertentu, dan tepat di belakangnya volume besar, analog wadah. Semakin besar hambatan (semakin kecil lubang), semakin efektif penghalusan dan semakin besar hambatan aliran. Mungkin knalpotnya jelek. Tetapi sebagai pra-peredam dalam sistem, ini adalah desain yang cukup umum.

REFLEKTOR

Sejumlah besar cermin akustik diatur di rumah knalpot, dari mana gelombang suara dipantulkan. Dengan setiap refleksi, sebagian energi hilang, dihabiskan untuk memanaskan cermin. Jika kita mengatur seluruh labirin cermin untuk suara, maka pada akhirnya kita akan membuang semua energi dan suara yang sangat lemah akan keluar. Peredam pistol dibuat berdasarkan prinsip ini. Desain yang jauh lebih baik, tetapi aliran gas berubah arah, yang akan menciptakan beberapa resistensi terhadap gas buang. Desain ini digunakan pada peredam akhir sistem standar.

RESONATOR

Peredam jenis resonator menggunakan rongga tertutup yang terletak di sebelah pipa dan dihubungkan dengan serangkaian lubang. Seringkali dalam satu kasus ada dua volume yang tidak sama, dipisahkan oleh partisi buta. Setiap lubang, bersama dengan rongga tertutup, adalah resonator yang membangkitkan osilasi frekuensi alami. Kondisi perambatan frekuensi resonansi berubah tajam, dan secara efektif teredam karena gesekan partikel gas di dalam lubang.

Knalpot semacam itu secara efektif meredam frekuensi rendah dalam ukuran kecil dan terutama digunakan sebagai yang awal. Mereka tidak memberikan resistensi yang signifikan terhadap aliran, karena bagian tidak berkurang.

PENYERAP

Cara kerja absorber adalah dengan menyerap gelombang akustik oleh beberapa material berpori. Jika suara diarahkan, misalnya, ke wol kaca, maka itu akan menyebabkan getaran serat wol dan gesekan serat satu sama lain. Dengan demikian, getaran suara akan diubah menjadi panas. Peredam memungkinkan untuk membangun struktur knalpot tanpa mengurangi penampang pipa dan tanpa tikungan, mengelilingi pipa dengan lubang yang dipotong di dalamnya dengan lapisan bahan penyerap. Knalpot seperti itu memiliki hambatan aliran serendah mungkin, tetapi mengurangi kebisingan lebih buruk.

Jika persyaratan untuk sistem pembuangan mobil tidak melampaui perubahan "suara", maka tugasnya disederhanakan. Knalpot tipe penyerapan cocok untuk tujuan tersebut. Volume, kuantitas, dan pengemasannya sendiri menentukan spektrum frekuensi yang diserap secara intensif. Padding lembut menyerap frekuensi tinggi untuk menghasilkan suara yang lembut. Peredam jenis resonator meredam frekuensi rendah. Dengan demikian, timbre suara dipilih.

Posting Komentar

0 Komentar